Hasil Laga Indonesia VS Malaysia, 2-0 Untuk Tim Garuda





SIDOARJO -- Harimau Malaya atau Malaysia akhirnya terpaksa harus mengakui keunggulan Tim Garuda Indonesia di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Hamka Hamzah cs pun mampu menumbangkan rival abadinya tersebut dengan skor 2-0 dalam laga bertema persahabatan tersebut.

Kedua gol itu sendiri diciptakan oleh gol bunuh diri ''Muslim Ahmad ''di saat masuk menit ke 63 dan tandukan Samsul Arif di menit 88, memanfaatkan umpan silang Tony Sucipto. Dua gol untuk dua kekalahan beruntun Malaysia, yup,, sebelum laga ini, Malaysia yang diarsiteki Dollah Salleh juga kalah dari Tajikistan (8 September 2014) dengan skor telak 4-1.

Jalannya Babak Pertama

Setelah bermain  imbang non gol kontra Yaman, Alfred Riedl pun akhirnya merotasi susunan pemainnya melawan Malaysia. I Made Wirawan berdiri sebagai penjaga gawang, menggantikan Kurnia Meiga. Tak luput juga rombakan di lini depan, Cristian ‘El Loco’ Gonzalez digantikan oleh Samsul Arif dan ditemani oleh Irfan Bachdim.

Sementara itu, Malaysia yang hadir dan ditangani oleh Dollah Salleh. Dalam pertandingan keduanya tersebut, menggantikan K. Rajagopal, bermain tanpa bomber andalan tim yang mengenal atmosfer sepakbola Indonesia, Safee Sali.

Sejak awal pertandingan berjalan di stadion Gelora Delta, Sidoarjo, penonton sudah disuguhkan permainan dengan intensitas tinggi, dimana kedua tim menekan sejak awal pertandingan berlangsung. Norshahrul bahkan hampir membukakan keunggulan bagi Malaysia di menit ketiga.

Beruntung bagi indonesia, bola sepakannya hanya berhasil membentur mistar gawang. Peringatan tentunya untuk pertahanan Indonesia dalam mengantisipasi serangan balik cepat para pemain Harimau Malaya (julukan Malaysia).

Serangan berganti dilakukan tim Merah putih, namun sayang, serangan masih cenderung dibangun terburu-buru dan tanpa arah yang jelas. Selain itu, para pemain Indonesia masih gampang kehilangan bola di 10 menit pertama laga.

Tragedi terjadi, dimana Indonesia kembali harus kehilangan Dedi Hartono di menit ke-11. Usai berbenturan dengan pemain Malaysia, Dedi Hartono tak dapat melanjutkan pertandingan bersejarah ini dan harus digantikan oleh Anindito Wahyu Erminarno.

SAdu serangan di babak pertama ini cenderung monoton di lini tengah kedua tim papan atas Asia ini, dan kedua tim mengandalkan kecepatan saat melakukan serangan balik. Belum ada peluang berarti yang membuat kedua kiper harus berjibaku melakukan penyelamatan hingga menit 40 ini.

Hasilnya tidak ada gol hingga paruh waktu pertama berakhir, dan kedudukan pun tetap sama 0-0. Dengan dua kartu kuning telah dikoleksi oleh pemain di masing-masing klub,Irfan  Bachdim mendapatkannya di menit 37, sementara itu sang kapten Malaysia, yakni Shukor Adan mendapatkan kartu kuning di menit 43’.

Jalannya Babak Kedua

Tempo pertandingan agak melambat di awal babak kedua ini. Kedua tim silih berganti mencoba untuk membangun serangan dengan hati-hati. Laga berjalan hingga masuk menit 58, belum ada peluang berarti yang dihasilkan kedua tim ini.

Manuver apik berbahaya berhasil dilakukan Samsul Arif di menit 60. Sayang setelah sukses melewati satu dua pemain, ia memilih untuk mengoper bola kepada Bachdim ketimbang langsung menyepak bola itu sendiri. Bachdim yang menerima bola tersebut, hanya dapat menendang bola dengan lemah menuju Abdul Kadir.

Gol! Indonesia dicatat di menit 63, Sayang, melalui sebuah gol bunuh diri Muslim Ahmad. Kredit diberikan kepada Rizky Pora yang overlap menusuk dari sisi kanan pertahanan Malaysia, dan memberikan crossing ke tengah kotak penalti. Bola membentur kaki Muslim Ahmad dan meluncur ke dalam mulut gawang timnya sendiri. menjadikan skor 1-0 untuk Indonesia membuka keunggulan.

  Sadar ketinggalan angka, Malaysia pun kembali menaikkan intensitas serangan. Namun duet M. Roby dan Hamka Hamzah masih konsisten di lini belakang Garuda Indonesia, skor 1-0 masih bertahan sampai masuk menit 77’.

Berikutnya Samsul Arif ! Kembali penyerang "Arema Malang" ini unjuk skil kepada Riedl, untuk memilihnya ketimbang Cristian Gonzalez. Pada menit 79, Samsul Arif menunjukkan kualitasnya dengan menyundul bola yang melayang hasil tendangan bebas apik dari Firman Utina. Beruntung bola masih dapat ditepis Abdul Kadir.

Samsul Arif benar-benar menjadi momok bagi pertahanan ''Malaysia'' di pertandingan krusial ini, setelah beberapa kali melakukan penetrasi ke dalam kotak 12 pass Malaysia, Yang akhirnya di menit 88’ ia dapat mengkonversinya menjadi gol. Kredit diberikan kepada Tony Sucipto yang memberikan umpan silang matang, dan goooolll. 2-0 untuk Indonesia sekaligus menutup pertandingan dengan kemenangan Timnas Indonesia atas Malaysia.

Susunan Pemain:;

Indonesia: Made Wirawan; Zulkifli Syukur;, M Roby, Hamka Hamzah (C), Dedi Hartono (Anindito Wahyu Erminarno 11’ – Supardi Nasir 86’); Rizki Pora (Tony Sucipto 77’), Hariono, Zulham Malik Zamrun, Irfan Bachdim (Firman Utina 63’);;, Ahmad Bustomi (Hendro Siswanto 70’);;, Samsul Arif (Cristian Gonzales 93’);;.

Malaysia: Abdul Kadir; Bunyamin Umra, Shukor Adan (C); (Safiq Rahim 66’);, Muslim Ahmad, Azamuddin Akil (Indra Putra Mahayuddin 69’);, R Gopinathan (Kunanlan Subramaniam 46’), Nohsharul Idlan Talaha (Safee Sali 84’);, Amri Yahyah (Ahmad Saarani 77’);, Azmi Muslim, Mohd Ezrie, Mohd Afif Amiruddin. (fmh) src : okezone

0 Response to "Hasil Laga Indonesia VS Malaysia, 2-0 Untuk Tim Garuda "

Posting Komentar