Timnas U23 Sukses Gunduli Timor Leste

    Timnas U23 vivabola

Tim nasional Indonesia U-23 bermain luar biasa saat menghajar Timor Leste U-23 dengan skor telak 7-0 dalam pembukaan Asian Games 2014. Berikut raport permainan "Garuda Muda".

Menurunkan formasi 4-2-3-1, pelatih Aji Santoso boleh jadi tersenyum puas setelah Indonesia meraih kemenangan meyakinkan dilaga perdana. Ujung tombak, Ferdinand Sinaga, berhasil menjadi bintang lapangan dengan empat golnya.

Namun meski menang mudah,, masih ada beberapa kelemahan di timnas U-23. Seperti kesalahan umpan yang mendasar sampai kartu kuning yang tidak seharusnya didapat.

Saya pun pun memberikan penilaian setelah penampilan apik timnas U-23 yang di helat di Stadion Goyang, Icheon, Korea Selatan hari Senin sore, 15 September 2014. Berikut raport pemain usai laga perdana kemarin:

KIPER:
Andritany Ardhiyasa: 7
Tidak banyak peluang yang membahayakan gawang Indonesia sepanjang 90 menit. Namun, Andritany berani bertarung saat bola mulai mengarah ke gawangnya. Sebuah poin positif meski tak banyak serangan datang.

BELAKANG:
Alfin Tuasalamony: 7,5
Bek milik Persebaya Surabaya tersebut tampil sangat tenang dan lugas menjaga sektor pertahanan Indonesia. Alfin pun sukses menjadi eksekutor hadiah 12 pass, yang membuahkan gol keempat timnas. Sayang, ia mendapatkan kartu kuning yang tidak perlu karena selebrasinya yang dianggap berlebihan oleh wasit.

Manahati Lestusen: 8
Salah seorang pemain belakang yang tampil sangat disiplin di jantung pertahanan Timnas Indonesia. Tanpa kompromi dengan lawan, dan berani berduel dengan pemain Timor Leste meski kalah postur.

Victor Igbonefo: 9
Berstatus pemain senior dalam tim, Victor sempat beberapa kali melakukan kesalahan mendasar. Pemain naturalisasi ini sempat membahayakan pertahanan akibat salah antisipasinya. Satu umpan panjangnya berbuah gol ketiga Indonesia.

Dani Saputra: 6,5
Walaupun melakoni turnamen besar perdanannya, pemain belakang Persija Jakarta ini tampil cukup baik. Namun, memang tidak banyak serangan yang dari timor leste yang membahayakan sektor kiri pertahanan dari Indonesia.

TENGAH:
Ahmad Jufriyanto: 7.5
Jupe pun bermain sangat efektif dan mampu membendung semua serangan Timor Leste sejak lini tengah. Pergerakannya pun sangat dinamis dalam membantu serangan timnas.

Dedi Kusnandar: 8
Sama seperti halnya Jufriyanto, Dedi menjadi benteng pelapis yang sulit untuk dilewati pemain lawan. Meski beberapa kali kehilangan bola, pemain Persebaya ini tetap tampil cukup mengesankan.

Bayu Gatra: 8,5
Menjadi mesin serangan bagi timnas Indonesia ,dengan kemampuan mengolah sikulit bundar dan kecepatan yang sulit dibaca lawan. Pemuda yang musim ISL ini tampil bersama Putra Samarinda ini tercatat tiga kali memberi kontribusi dalam gol-gol Indonesia ke gawang "Timor Leste".

Syakir Sulaiman: 7
Bermain sebagai gelandang serang, Syakir tampil di bawah harapan. Setelah memberikan assist yang berbuah gol kedua Indonesia, penampilannya tidak banyak berkembang sehingga digantikan pada menit ke-69.

Ramdani Lestaluhu: 7,5
Winger faster milik Persija Jakarta ini berlaga cukup baik walau sempat alami cedera paha. Ramdani menyumbang satu assists serta menciptakan beberapa peluang, sayang belum berbuah gol. Ia diganti pada menit ke-77 laga ini.

Ferdinand Sinaga: 9,5
Striker Persib sekaligus pemain yang paling bersinar dalam laga kontra Timor Leste berkat empat golnya itu. Bomber Timnas senior ini tampil lebih tenang dan tidak terburu-buru dalam menuntaskan peluang yang dimiliki. Ferdinand pun tampak bisa diandalkan di lini depan "Garuda Muda".

Pemain Pengganti:

Fandi Eko Utomo: 8
Pergantian pertama yang dilakukan coach ''Aji Santoso'' adalah menarik Syakir dan dimasukannya Fandi Eko Utomo. Dan keputusan itu berbuah manis. Satu gol berhasil disumbangkannya, memanfaatkan bola rebound.

Novri Setiawan: 7,5
Masuk menggantikan Ramdani, Novri bisa membayar kepercayaan Aji Santoso dengan sebuah golnya. Selain itu, pergerakannya pun sangat lincah dan lugas. Sayang, sebuah kartu kuning ia dapat setelah ada upaya membuang-buang waktu.

Rasyid Bakri: -
Masuk pada menit ke-82, sehingga terlalu sebentar untuk dinilai.

0 Response to "Timnas U23 Sukses Gunduli Timor Leste"

Posting Komentar