Manchester United Di Permalukan MK Dons

    Selebrasi William Grigg, setelah mencetak gol keduanya melawan Manchester United (Foto: REUTERS)

Giant Killing alias fenomena tim kecil ‘membunuh’ tim besar, kembali terjadi di ajang Capital One Cup babak kedua. Tak tanggung-tanggung korbannya adalah pengoleksi 20 gelar Premier League, Manchester United yang dipecundangi MK Dons dengan skor 4-0.

MK Dons, merupakan klub yang mentas di League One alias level ketiga kompetisi Liga Inggris dan saat ini menghuni peringkat tujuh. Secara mengejutkan mengalahkan United dengan dua penyerangnya yang sama-sama mencetak dwigol, yakni William Grigg dan penyerang pinjaman Arsenal, Benik Afobe.

Kekalahan ini, selain menunda tiga poin perdana Louis van Gaal di ranah Inggris, juga mengindikasikan bahwa formasi tiga bek sejajar United ala Van Gaal, belum berjalan dengan baik. Terbukti beberapa gol MK Dons, tercipta melalui kesalahan pemain belakang.

Jalannya Pertandingan

United menanggung risiko bermain dari babak kedua Capital One Cup, akibat hanya menempati peringkat tujuh musim lalu. Bertandang ke MK Stadium, Louis van Gaal menurunkan hampir semua pemain lapis kedua dan mengkombinasikannya dengan pemain-pemain muda.

Beberapa nama di antara mereka bahkan yang sering diisukan hengkang, seperti Anderson, Shinji Kagawa, dan Javier ‘Chicharito’ Hernandez. Sementara pemain muda tim, seperti Marnick Vermijl, Michael Keane, Reece James, Saidy Janko, dan Nick Powell.

Meski di atas kertas Jonny Evans dkk diunggulkan, namun faktanya The Don -julukan MK Dons-, bermain spartan di hadapan pendukungnya sendiri, dan mampu mengimbangi permainan United.
Terbukti hingga menit ke 15 waktu berjalan di babak pertama, United belum juga mampu mencetak gol. Penguasaan bola pun relatif sama, Sky Sports mengeluarkan catatan penguasaan bola yakni 50-50 persen.

Kagawa yang coba membuktikan dirinya kepada Van Gaal, terpaksa harus digantikan Adnan Januzaj di menit 19. Eks pemain Borussia Dortmund itu disinyalir cedera, setelah berbenturan dengan pemain MK Dons, Darren Potter.

William Grigg! Tuan rumah membuat publik MK Stadium bergemuruh, setelah ia mencetak gol di menit ke-25. Jonny Evans yang diplot sebagai kapten dan komando di lini pertahanan berbuat kesalahan, bermaksud memberikan operan kepada rekannya, bola justru dipotong Ben Reeves. Bola pun diarahkan kepada Grigg yang tak terkawal dan dengan mudah menceploskan bola melewati David De Gea. 1-0 untuk MK Dons.

United tancap gas, mencoba mengejar ketertinggalan. Namun para pemain yang diturunkan Van Gaal pada pertandingan ini, banyak melakukan kesalahan dalam mengoper bola dan terkesan buru-buru melakukan serangan. Justru tuan rumah yang seringkali menguji De Gea, melalui sepakan-sepakan yang menuju langsung ke gawang United. Keunggulan 1-0 pun bertahan hingga turun minum.

Babak kedua dimulai, Van Gaal coba mengganti Janko dengan Andreas Pereira untuk menambah intensitas serangan. Namun United tetap bermain terburu-buru di lima menit pertama ini, bahkan James mendapatkan kartu kuning di menit 50, usai melakukan pelanggaran keras kepada pemain MK Dons.

Menaikkan intensitas serangan untuk menyamakan kedudukan, United justru banyak melakukan kesalahan mendasar di lini pertahanan tim yang digalang Evans. Kembali, The Don unggul melalui pemain yang sama, Grigg. Mendapatkan umpan silang dari Reeves, ia mencetak gol indah melalui dada-nya dan membelokkan arah bola, mengelabui De Gea di menit 63. 2-0, MK Dons menjauh.

Lagi, kesalahan dilakukan pemain United dalam mengontrol bola di menit 70’. Adalah James yang gagal menjaga bola, sehingga direbut para pemain MK Dons. Bola kemudian diberikan kepada Danny Green yang baru masuk dan memberikannya kepada penyerang pengganti Grigg, Benik Afobe. Ia pun mengonversinya menjadi gol kembali. 3-0 United jauh tertinggal.

Pertahanan tiga bek Van Gaal benar-benar seperti tak dapat diterapkan di ranah Inggris. MK Dons pun kembali menambah derita United, saat Afobe kembali mencetak gol keduanya di menit 84. Melewati tiga bek United, dengan tenang penyerang pinjaman Arsenal ini menceploskan bola. 4-0 MK Dons menghancurkan United dan melaju ke babak ketiga Capital One Cup.

Susunan Pemain:

MK Dons: David Martin, Dean Lewington, Kyle McFadzean, Antony Kay, George Baldock, Bamidele Ali, Darren Potter, Dean Bowditch (Daniel Powell 56’), Samir Carruthers (Danny Green 61’), Ben Reeves, William Grigg (Benik Afobe 68’)

Manchester United: David De Gea, Marnick Vermijl, Jonny Evans, Michael Keane, Reece James, Saidy Janko (Andreas Pereira 46’), Anderson, Shinji Kagawa (Adnan Januzaj 19’), Nick Powell (James Wilson 57’), Danny Welbeck, Javier Hernandez (fmh/okezone)

0 Response to "Manchester United Di Permalukan MK Dons"

Posting Komentar